Jumat, 08 April 2016

Gagal Maning, Jong! Korut Berusaha Lagi Luncurkan Rudal Balistik Kapal Selam



korut
Korea Utara pada Rabu 5 April 2016 berusaha meluncurkan submarine-launched ballistic missile (SLBM) dari kapal selam kelas Sinpo.
Dilaporkan media MBN yang dikutip NK News kapal selam meninggalkan pelabuhan pagi, namun kembali ke dermaga dekat Wonsan pada 09.00 waktu setempat. Para ahli Korea Selatan melihat hal ini menunjukkan kegagalan keempat upaya peluncuran SLBM oleh Kim Jong un.
“Kapal selam itu akan kembali ke port secepat itu jika dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam pelatihan atau operasi lain,” kata seorang mantan Laksamana Korea Selatan sebagaimana dikutip NK News pada kondisi anonimitas.
“Tampaknya kapal selam mengalami kerusakan selama proses uji peluncuran SLBM keempat mereka dan memutuskan untuk kembali.”

Kapal selam Korea Utara berlabuh di Mayang Do Naval Base, Provinsi South Hamgyong
Kapal selam Korea Utara berlabuh di Mayang Do Naval Base, Provinsi South Hamgyong

Dilaporkan Kapal Selam Kelas Sinpo tiba-tiba mulai berlayar menuju Laut Timur pada Rabu pagi, menurut MBN. Intelijen Korea Selatan segera melacak keberadaan kapal selam. Tapi tidak ada tindakan provokatif dan kapal selam kemudian kembali.
Kementerian Pertahanan Korea Selatan menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal klaim MBN ini. “Yang bisa kita katakan adalah bahwa militer kita, dengan kerjasama yang erat dengan AS terus mengawasi perkembangan tren SLBM Korea Utara,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan selama konferensi pers Kamis 7 April 2016.
Pyongyang sukses peluncuran SLBM terbaru pada Mei tahun lalu, yang diklaim media pemerintah sebagai bukti “bahwa rudal balistik yang ditembakkan dari kapal selam sepenuhnya memenuhi persyaratan dari ilmu militer dan teknologi terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar