Jumat, 25 Maret 2016

Pentagon: Situasi F-35 Kritis

f-35 10000
Penyelidik Federal AS mengatakan bahwa mesin Pratt & Whitney yang digunakan jet tempur generasi kelima F-35 Joint Strike Fighter belum bekerja sesuai yang diharapkan dan merupakan salah satu dari banyak gangguan yang terus melanda jet tempur siluman tersebut.
“Meski Pratt & Whitney telah menerapkan sejumlah perubahan desain yang telah menghasilkan peningkatan kehandalan yang signifikan, mesin F-35A dan F-35B masing-masing baru mencapai sekitar 55 persen dan 63 persen dari yang diharapkan, “kata laporan oleh Government Accountability Office Rabu 23 Maret 2016.
F-35A jet tempur untuk versi Angkatan Udara dan F-35B adalah versi Korps Marinir, yang mampu lepas landas pendek dan pendaratan vertikal. Ada juga versi F-35C yang dirancang untuk beroperasi dari kapal induk untuk Angkatan Laut.

Terhadap laporan GAO itu, juru bicara Pratt & Whitney Bradley N. Akubuiro mengatakan, “Mesin F135 telah mengumpulkan lebih dari 50.000 jam terbang, mempertahankan metrik kesiapan armada rata-rata 95 persen dan sudah melebihi persyaratan utama mendukung F-35. ”
Dia juga mengatakan keandalan mesin, yang dikenal sebagai F135, telah meningkat hampir tiga kali lipat sejak GAO mengeluarkan laporan tentang masalah mesin sekitar setahun yang lalu.
“Selain itu penilaian independen dari kehandalan mesin F135 yang dilakukan oleh RAND menyimpulkan bahwa kehandalan mesin F135 membaik dengan setiap lot produksi berikutnya sebagai desain baru dan perbaikan sedang dimasukkan ke dalam produksi dan armada mesin,” kata Akubuiro.
Masalah lain terkait program Joint Strike Fighter disampaikan pada sidang Komite Angkatan Bersenjata senat Rabu. “Secara keseluruhan, program ini ada pada waktu yang kritis,” kata Michael Gilmore, kepala Operational Test and Evaluation Office Pentagon.
“Meskipun Korps Marinir telah menyatakan kemampuan operasional awal, dan Angkatan Udara berencana untuk melakukannya pada akhir tahun ini, sistem F-35 tetap belum matang dan memberikan kemampuan tempur yang terbatas. ”
Gilmore mengatakan, “Program ini terus bekerja untuk menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi tapi penilaian saya adalah bahwa program F-35 tidak akan siap untuk pengujian tempur sampai paling cepat pertengahan 2018.” Ini berarti  sekitar satu tahun dari jadwal yang direncanakan.
Masalah cybersecurity di F-35 menjadi “Salah satu dari  banyak kekurangan yang belum terselesaikan yang mengganggu F-35,” kata Gilmore.
Terkait masalah mesin F-35, Michael Sullivan dari GAO mengatakan bahwa “pengiriman manufaktur mesin tetap stabil, dan 218 mesin telah dikirim sampai saat ini.”
Meskipun beberapa anggota parlemen telah menyarankan memperpanjang kehidupan dari F-22 dan pesawat tempur yang lebih tua dan memperlambat produksi F-35, sejumlah pihak mengatakan bahwa hal itu akan menjadikan biaya lebih banyak.
Kepala Kantor Bersama Joint Strike Fighter Angkatan Udara Letnan Jenderal Christopher C. Bogdan, mengatakan, “Jet tempur lama kami tidak akan bertahan menghadapi tantangan yang mereka hadapi.”
Dia mengakui, “Kami memiliki masa lalu yang tidak kondusif yang menjadikan sulit orang percaya pada apa yang kita katakan, tapi saya meyakinkan anggota parlemen program F-35 berada di trek.” Dia mengatakan 172 pesawat telah dikirim untuk menguji
Sean Stackley, kepala kantor penelitian, pengembangan dan akuisisi Angkatan Laut juga tetap membela program ini. “F-35 pada jalur untuk memberikan apa yang dijanjikan,” katanya sebagaimana dikutip Harford Courant Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar