Selasa, 16 Juni 2015

A-10 Thunderbolt Diberondong Rudal di Irak


A-10 Thunderbolt
A-10 Thunderbolt
Pesawat A-10 dilaporkan mendapat ancaman serius dengan diberondong rudal bahu  oleh ISIS di Irak. Irak News melaporkan Warthog diberondong dengan empat rudal Strela selama serangan udara baru-baru ini di dekat Mosul, di Irak.

Berdasarkan laporan dari sumber yang tidak disebutkan namanya yang menyaksikan serangan itu, A-10 melakukan serangan yang mengakibatkan sejumlah anggota ISIS luka dan tewas. ISIS tidak tinggal diam dan mencoba mengejar Thunderblot dengan rudal portable panggul  9K32 Strela-2 (SA-7 Grail). Rudal ini untuk objek ketinggian rendah dengan dipandu infra merah.
Meskipun Warthog tidak terkena rudal tetapi episode ini tampaknya mengkonfirmasi bahwa, terbang pada ketinggian menengah dan rendah dan berkeliaran di atas medan perang, A-10 yang dikerahkan ke Kuwait menghadapi ancaman MANPADS ISIS.
Namun, A-10  mesi tua adalah pesawat yang sulit untuk dijatuhkan, yang telah menunjukkan kemampuan khusus untuk membawa pilot kembali ke homebase yang terlepas dari kerusakan berat akibat kebakaran tanah.

Sumber: The Aviationist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar