Minggu, 21 Juni 2015

J-11 Mungkin Dikirim ke Spartly, Tapi Sulit Melawan Jet Tempur AS


j-11
China mungkin akan menempatkan jet tempur J-11 di pangkalan yang dibangun di kepulauan Spartly untuk mengambil peran di kawasan sengketa di Laut China Selatan.
Penyebaran jet tempur ini di Kepulauan Spratly, yang China sebut dengan Nanshas, secara dramatis akan memperluas jangkauan militer di luar basis paling selatan di Sanya di pulau Hainan. Namun, para ahli mengatakan jet akan terbatas pada peran defensif karena merupakan model yang lebih tua dan harus diakui ada di bawah kemampuan jet tempur AS.


J-11 telah kehilangan banyak daya saingnya selama seperempat abad sejak China mulai membangun dengan didasarkan pada Su-27. Tapi pesawat itu tetap menjadi aset kunci dari angkatan udara, dengan diperkiraan beberapa ratus dalam operasi.
“Sebagai pesawat tempur jarak jauh, J-11 harus dikirim ke Laut China Selatan,” kata Huang Zhao, seorang mantan pilot angkatan udara. “Setiap kali ketika J-11 terbang di atas langit, mengingatkan saya bahwa keputusan bersejarah dibuat 25 tahun yang lalu untuk mendorong penciptaan, dan cepat mengembangkan Angkatan Udara PLA.”
Komisi Militer Pusat mengajukan proposal pada tanggal 30 Juni 1990 untuk membeli 24 Su-27, pesawat paling canggih yang dibuat oleh Uni Soviet pada saat itu. Kesepakatan itu terjadi setelah tiga peristiwa menyebabkan Beijing untuk memikirkan kembali kekuatan udara mereka, kata pakar militer berbasis Macau Antony Wong Dong.
Yang pertama adalah embargo AS terhadap penjualan senjata ke China, yang dikenakan sebagai akibat dari tindakan keras terhadap demonstran pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen. Di Timur Tengah, Beijing melihat seberapa cepat AS mencapai kemenangan dalam perang Teluk pertama, sebagian besar dipengaruhi superioritas udara. Washington juga setuju untuk menjual Taiwan 150 generasi terbaru F-15 yang menjadi lompatan maju bagi Taiwan dibandingkan China yang masih menggunakan PLA J-8 II, pesawat yang berumur sudah satu dekade saat itu.
Pembelian Su-27 untuk China tidak biasa. Uni Soviet mengalami masalah ekonomi saat itu dan Moskow mengambil 70 persen dari pembayaran dengan barang industri ringan dan makanan. Perjanjian tersebut juga termasuk US $ 2,5 miliar lisensi untuk lini produksi sehingga China bisa membuat variasi jet.
Kesepakatan terancam ketika Uni Soviet runtuh 18 bulan kemudian tetapi presiden baru Federasi Rusia, Boris Yeltsin, berjanji untuk menghormati persyaratan. Pengiriman pesawat dan lini produksi dimulai pada bulan Februari 1991 dan pengiriman terakhir pada bulan September 2009.
Akuisi Su-27 membantu Angkatan Udara PLA mempersempit kesenjangan dengan angkatan udara Taiwan, dan juga dibangkitkan industri pertahanan Moskow yang hampir bangkrut, kata Wong sebagaimana dikutip South China Morning Post Minggu 21 Juni 2015.
Dengan Su-27 dan saudara-saudara tirinya-J-11 dan J-11B – dibuat oleh Shenyang Aircraft Corporation – Angkatan Udara PLA telah tumbuh lebih tegas dalam meregangkan otot China. Insiden terbaru yang telah diakui secara terbuka terjadi pada bulan Agustus 2014. Sebuah jet tempur J-11 datang dalam jarak 10 meter dari US P-8A Poseidon di 220km timur dari Hainan. J-11 terbang melewati hidung P-8 dan melakukan barrel roll pada jarak dekat.
Beijing pekan lalu mengatakan pekerjaan reklamasi yang dilakukan di tujuh pulau di Laut China Selatan akan segera selesai. Struktur baru termasuk dua lapangan terbang, setidaknya satu dari di antaranya cocok untuk penggunaan militer. Terletak di Fiery Cross Reef, landasan pacu sepanjang untuk 3km – cukup untuk J-11 mendarat.
China bersikeras sebagian besar fasilitas baru dimaksudkan untuk penggunaan sipil dan itu akan memungkinkan negara-negara lain di kawasan untuk menggunakannya. Tapi tawaran itu telah gagal memadamkan kecurigaan bahwa China tengah membangun pangkalan militer baru di salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.
J-11 memiliki rentang terbang 1.500 kilometer, yang dapat diperpanjang dengan bahan bakar tambahan. Menyiapkan operasi di pulau-pulau akan bergerak jangkauan angkatan udara sekitar 1.000 km lebih jauh ke selatan, dan dalam hubungannya dengan kapal induk Liaoning, China mengambil tujuan yang dinyatakannya bergerak menjauh dari pertahanan lepas pantai untuk membuka perlindungan.
Ahli militer Sun Yat-sen University David Tsui mengatakan J-11 cukup efektif untuk mempertahankan tujuh pulau China, tetapi tidak cukup canggih untuk digunakan dalam serangan.
“China menyadari saingan utamanya adalah AS, yang pasti akan terlibat dalam sengketa teritorial segera jika PLA mulai menggunakan tindakan koersif atau kekuatan untuk memecahkan masalah,” kata Tsui.

“Jet berbasis kapal induk pertama China J-15, mungkin cukup maju untuk menantang F/A-18 AS, tetapi jet tempur utama Angkatan Udara China, J-11 dan variannya, tidak dapat bersaing dengan F -22 dan F-35. ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar