Selasa, 25 Agustus 2015

F-22 Akan ke Eropa, Moskow: Kami Menunggu


f-22  10
Rencana Amerika untuk mengirimkan F-22 Raptor ke Eropa ditanggapi Rusia dengan menyatakan akan menunggu dan terus menantau situasi. Mereka juga siap memberikan reaksi jika ada agresi yang muncul.
“Kami akan terus memantau situasi,” kata Franz Klintsevich, anggota komite pertahanan Duma Rusia (semacam DPR Rusia) sebagaimana dikutip Sputnik Selasa 25 Agustus 2015.

Ketika rencana ini pertama muncul pada Juni lalu sejumlah pihak menyatakan akan ada akibat dari penyebaran Raptor ke dekat perbatasan Rusia., Vladimir Batyuk, seorang ahli militer dari Lembaga Studi AS dan Kanada dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, mengatakan Rusia mungkin akan membalas langkah Pentagon  omo.
“Kemungkinan pengiriman F-22 Raptor ke Eropa pasti akan memprovokasi konfrontasi antara Rusia dan NATO. Pihak Rusia dapat merespon dengan beberapa  bentuk gerakan,” kata Batyuk.
Menurutnya tidak menutup kemungkinan Moskow akan menyebarkan tambahan sistem rudal jarak pendek Iskander ke Kaliningrad, dalam menanggapi kemungkinan penyebaran perangkat keras militer AS di Eropa Timur.
Hal ini akan menyebabkan semakin terjadinya penumpukan senjata baik dari NATO maupun Moskow di perbatasan Rusia yang selanjutnya akan memperburuk situasi yang sudah tegang antara Barat dan Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar