Senin, 03 Agustus 2015

Tiga Kapal China Terobos Wilayah Panas dengan Jepang

Kapal China Coast Guard China di dekat South Luconia Shoals yang diposting di Facebook Shahidan Kassim, Menteri Malaysia di Kantor Perdana Menteri.
Tiga kapal penjaga pantai China menerobos wilayah perairan Jepang sekitar Kepulauan Senkaku yang disengketakan di Laut China Timur dan meninggalkan perairan tersebut satu jam kemudian. Demikian dilaporkan kantor berita Jepang Kyodo Minggu 2 Agustus 2015, mengutip Pasukan Coast Guard Jepang. Insiden itu menjadi yang ke-22 kapal China memasuki wilayah sengketa tahun ini.
Awal pekan ini, dua kapal China memasuki perairan Jepang di dekat kepulauan, tapi diminta untuk meninggalkan wilayah tersebut.
Jepang telah memperkuat angkatan bersenjatanya dan pertahanan angkatan laut khususnya di tengah meningkatnya aktivitas China di wilayah tersebut selama beberapa tahun terakhir.
Pulau Senkaku, yang dikenal sebagai pulau Diaoyu di China, adalah subyek sengketa teritorial daerah lama antara China, Jepang dan Taiwan. Kepulauan ini bagian dari Prefecture Okinawa Jepang.
Tahun lalu, Jepang dan China sepakat untuk mengurangi ketegangan atas pulau-pulau yang disengketakan, dan mencari cara untuk mencari resolusi konflik atas masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar