Rabu, 29 Juli 2015

AS Butuh 20 Tahun untuk Bisa Dapatkan MiG-29


MiG-29 Fulcrum berdiri di luar National Air and Space Intelligence Center di Ohio Wright-Patterson Air Force Base. Pesawat ini terkesan tidak terawat dan kotor. Tetapi sebenarnya pesawat ini memiliki sejarah tersendiri. Ibarat sebuah hadiah perang ketika Amerika memenangkan perang dingin dengan Soviet.
02v_sep2014_nasic1_live.jpg__600x0_q85_upscale
Sebuah MiG-29 yang berhasil didapat Amerika dibawa ke intelligence center in Dayton, Ohio
Pesawat yang dipajang tersebut adalah satu dari 17 MiG-29 milik AS yang dibeli dari bekas negara Soviet Moldova pada tahun 1997. Tetapi karena lemahnya pengawasan konfederasi pasca runtuhnya Soviet menjadi lemah hingga pesawat itu bisa dimiliki Amerika. “Setiap negara manapun akan marah jika lawannya bisa menerima, mengevaluasi dan menguji senjata yang paling modern yang mereka buat,” kata sejarawan penerbangan yang berbasis di Moskow Sergey Isaev. “Aku membayangkan betapa bahagianya Pentagon dan Gedung Putih kala itu. Dan betapa marahnya mereka jika Meksiko, misalnya, mencoba untuk menjual helikopter UH-60L Blackhawk untuk Federasi Rusia?”
Sebuah MiG-29 dibawa dengan pesawat angkut dari Moldova ke Amerika
Sebuah MiG-29 dibawa dengan pesawat angkut dari Moldova ke Amerika
Akuisisi ini memberikan kesempatan luas bagi analis Barat untuk mengoprek habis-habisan pesawat tersebut di sebuah fasilitas rahasia di pusat intelijen nasional ini. Setelah 20 tahun sejak pesawat ini diproduksi baru kali ini mereka bisa menganalisa secara langsung. Sebelumnya Amerika hanya bisa mendapatkan MiG-15 yang merupakan nenek moyang MiG-29. Dan kala itu Amerika harus mengakui keunggulan teknologi pesawat Soviet.
Kali pertamakomunitas intelijen Amerika hanya bisa mempelajari MiG-29 dari foto satelit pada bulan November 1977. Dari hanya melihat ukuran dan bentuk itu kemudian Amerika mengembangkan F-16 dan F/A-18. “Hanya dengan melihat ukuran dan bentuk itu, sudah jelas bahwa Soviet mengembangkan mitra untuk kami F-16 dan F / A-18,” kata Benjamin Lambeth, penulis buku Russia’s Air Power in Crisis di Santa Monica, California. “Dari semua berbagai sumber intelijen dan metode yang kami miliki untuk mengumpulkan informasi elektronik dan lainnya, pemerintah AS belajar cukup banyak tentang pesawat, dan itu jelas kami harus melakukan sesuatu.”
Uji terbang antara MiG-29 dan F/A-18 di  Naval Strike and Air Warfare Center in western Nevada
Uji terbang antara MiG-29 dan F/A-18 di Naval Strike and Air Warfare Center in western Nevada
Yang kemudian dilakukan Angkatan Udara Amerika adalah memulai mengembangkan teknologi siluman dan sistem elektronik yang bisa memburu dan menargetkan beberapa pesawat sekaligus. Hingga pada tahun 1981, mereka mengeluarkan persyaratan formal pertama pengadaan pesawat generasi berikutnya dari teknologi tempur yang dikenal dengan sebutan Advanced Tactical Fighter, yang akhirnya melahirkan F-22 Raptor.
MiG-29 tetap menjadi misteri gelap pada 1990 US-Jerman sepakat melakukan pertukaran informasi rahasia. MiG yang diimpor Moldova dilirik pusat intelijen di Dayton, Ohio. Dan akhirnya mereka pun mendapatkan akses untuk menganalisis pesawat tersebut. Akhirnya intelijen Amerika bisa memeriksa memeriksa 21 MiG Moldova. Antara 20 – 27 Oktober 1997, model C, enam model A, dan satu model B dibongkar di Moldova dan bagian-bagiannya diterbangkan dengan menggunakan C-17 ke pusat intelijen nasional di Dayton. “Kami tidak ingin musuh kita tahu apa yang kita tahu. Beberapa bagian yang bisa dibuat diterbangkan ke Edwards Air Force Base di California untuk pengujian,” kata juru bicara NASIC James Lunsford. Setidaknya satu contoh bisa sampai ke Pangkalan Angkatan Udara Nellis Nevada. Sebuah model dibawa ke Museum Nasional Angkatan Udara AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar