Jumat, 25 Desember 2015

Al Qaeda Terus Terima Senjata Amerika


senjata
Kelompok al-Qaeda Suriah dilaporkan terus menerima senjata termasuk rudal TOW buatan AS. Senjata itu mengalir dari kelompok pemberontak yang dibantu Amerika dan negara-negara Teluk.
Fars News Agency Iran mengutip sejumlah sumber melaporkan pemberontak Suriah sebelumnya telah memberikan rudal TOW kepada kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda termasuk Front al-Nusra. Hal itu terlihat dari sejumlah video yang dirili di YouTube oleh Nusra. Militer AS juga mengoperasikan program pelatihan untuk pemberontak Free Syrian Army (FSA), sejumlah besar dari mereka membelot ke al-Nusra setelah menyelesaikan pelatihan di Turki dan kembali ke Suriah.

“FSA bekerja sama dengan kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda dan memasok mereka dengan senjata buatan AS yang diberikan kepada oleh negara-negara Teluk Persia tertentu seperti Arab Saudi dan Qatar yang seharusnya untuk melanjutkan perang melawan Tentara Suriah,” tulis Fars News Agency Kamis 24 Desember 2015.
Menurut laporan sebelumnya al-Nusra dan FSA telah membentuk aliansi pada Maret 2015 untuk melawan pasukan Presiden Assad.
Melalui aliansi ini, beberapa kelompok militan seperti Al-Nusra dan gerakan Ahrar al-Sham telah diberikan akses FSA ke senjata bantuan AS.
Menurut perkiraan Arab Saudi mengirim 500 rudal TOW ke Al-Nusra langsung pada bulan Oktober.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar