Minggu, 06 Desember 2015

Inilah Peran Il-80 Maxdome, Pesawat Kiamat Rusia


Il-80 Maxdome 2
Pesawat pos komanado udara Rusia Il-80 generasi berikutnya akan segera memasuki layanan aktif. Sebuah pesawat yang dijuluki sebagai “doomsday plane” atau pesawat neraka
Il-80 Maxdome menurut Kementerian Pertahanan Rusia adaah versi terbaru dari doomsday plane yang baru-baru ini berhasil menyelesaikan pengujian dan siap untuk masuk ke layanan aktif pada akhir tahun.
Pesawat adalah salah satu dari empat pesawat Il-80 yang banyak dimodifikasi dari Il-86 dan digunakan sebagai pusat komando udara.

Di Amerika peran ini dijalankan oleh AS Boeing E-4B sejak pertengahan 1980-an.
Dalam pelayanan dengan 8th Special Purpose Aviation Division, di Bandara Chkalovsky, dekat Moskow, Il-80 dimaksudkan untuk melindungi pejabat tinggi Rusia, termasuk Presiden untuk tetap aman dalam kasus perang nuklir. Inilah alasan kenapa Maxdome tidak memiliki fitur jendela  selain kaca depan kokpit dan dilengkapi dengan kubah dan antena yang dimaksudkan untuk memblokir EMP, sinyal RF, dan untuk melindungi terhadap ledakan nuklir sambil memastikan kemampuan untuk berkomunikasi dengan aset lainnya termasuk kapal selam rudal balistik ketika infrastruktur dasar yang rusak berat atau hancur.
Tetapi seberapa luas modifikasi dilakukan tidak jelas. “Generasi baru dari perintah udara ini telah meningkat dalam survivability, fungsi dan kehandalan, serta elektronik di pesawat telah mengurangi karakteristik dan konsumsi daya,” tulis Russia Today sebagaimana dikutip The Aviationist Sabtu 5 Desember 2015.

Di Amerika Il-80 fungsinya sama dengan E-4B, sebuah B747-200 yang dimodifikasi sebagai National Airborne Operations Center. Empat pesawat ini berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Offutt, Nebraska bertanggung jawab untuk menjaga Menteri Pertahanan AS, Kepala Staf Gabungan dan pejabat top lainnya untuk tetap hidup dalam situasi Armageddon (perang nuklir, serangan teroris, revolusi zombie atau invasi alien).
E-4B adalah pesawat pusat perintah, kontrol dan komunikasi udara untuk mengarahkan kekuatan nuklir dan konvensional, dengan menerima, memverifikasi dan menyampaikan EAM (Emergency Action Messages). Backup-nya adalah E-6B TACAMO (TAke Charge And Move Out) US Navy,  E-6 “Mercury” petunjuk relay untuk kapal selam armada rudal balistik dalam kasus perang nuklir tetapi juga dapat bertindak sebagai ABNCP Airborne Command Post) untuk back-up E-4B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar