Senin, 28 Desember 2015

Amerika Tetap ‘Lord of War’


tank abram
Amerika Serikat tetap pengekspor senjata terkemuka di dunia, sementara industri pertahanan Rusia terus ada di tempat kedua. Amerika memimpin pemasok persenjataan dunia dengan meraup penjualan sebesar US$36,2 miliar pada 2015 dan mengendalikan lebih dari 50 persen dari pasar. Mengacu pada sebuah film tentang penjual senjata gelam di dunia, Amerika layak disebut sebagai ‘Lord of War’
New York Times melaporkan Senin 28 Desember 2015 kenaikan penjualan senjata ke asing ini meningkat dari US$26,7 miliar pada 2013. Peningkatan terjadi karena kontrak-kontrak besar dengan Korea Selatan, Arab Saudi dan Qatar.

Rusia, yang saat ini menempati urutan kedua dalam hal penjualan senjata global, memperoleh US$10,2 miliar dari ekspor senjata. Swedia menjual senjata senilai US$ 5,5 miliar, sementara Prancis dan China memperoleh masing-masing US$4,4 miliar dan US$ 2,2 miliar.
Sementara pembeli senjata terbesar adalah Korea Selatan yang membeli hingga US$ 7,8 miliar yang sebagian besar dipasok Amerika. Sementara Irak menghabiskan US$7,3 miliar untuk belanja senjata sementara Brazil US$6,5 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar