Jumat, 10 April 2015

AS Izinkan Beli Super Cobra, Pakistan Malah Terkejut

AH_1Z
AH-1Z Super Cobra
Kementerian Luar Negeri Amerika mengumumkan telah mengeluarkan izin penjualan helikopter 15 helikopter serang AH-1Z Super Cobra kepada Pakistan. Anehnya, Pakistan malah kaget dengan keputusan ini.

Sebagaimana dikutip Want China Times Pakistan mengakui telah lama menyatakan keinginannya untuk membeli Super Cobra AS untuk menggantikan armada Kobra mereka yang telah usang. Namun sebelumnya permintaan itu ditentang oleh sejumlah kongres. Seorang komentator militer menyatakan bahwa perubahan sikap kongres ini karena adanya persaingan dengan China dan Rusia untuk menjual helikopter ke Islamabad.
Sebelumnya memang muncul kabar Pakistan membeli dua helikopter serang, Z-10 China dan Mi-35 Rusia dan inilah yang ditanggapi Amerika dengan mengeluarkan izin penjualan Super Cobra ke negara tersebut. AS juga menawarkan senjata termasuk 1.000 AGM-114 Hellfire II rudal anti-tank, dan sistem identifikasi lawan kawan, sistem peringatan rudal, serta radar peringatan dengan total nilai US $952 juta.
Pada akhir Maret, Alexey Yurievich Dedov, duta besar Rusia untuk Pakistan, mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima pesanan 20 helikopter tempur Mi-35 dari Pakistan. Sementara Z-10 buatan China telah tiba di Pakistan dan tengah menjalani uji penerbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar