Rabu, 27 Januari 2016

F-35 Buatan Italia Segera Menyeberang Atlantik

f-35 italia 2
F-35A Lightning II pertama yang dibangun Italia akan membuat debut pertama melakukan penerbangan transatlantik pada 2 Februari menuju Amerika. Penerbangan yang bahkan belum bisa dilakukan oleh F-35 yang diproduksi di pusatnya, Amerika.
Sumber di Italia menyebutkan sebuah pesawat tanker Boeing KC-767 dan Eurofighter Typhoon dua kursi akan menemani pesawat tempur baru itu menuju perhentian di pangkalan udara Lajes di Azores.

F-35 diproduksi di Cameri oleh FNV Aeronautics di bawah pengawasan dari Lockheed Martin, pertama terbang pada tanggal 7 September 2015 dan kemudian dikirim ke Angkatan Udara Italia pada tanggal 3 Desember 2015. Ini adalah F-35 pertama yang akan diproduksi di luar AS.
Seorang pilot Angkatan Udara Italia dari skuadron tes di Pratica di Mare akan menerbangkan F-35 pada penerbangan melintas Atlantik. Penerbangan ke Lajes direncanakan akan berlangsung 4,5 jam.
Setelah singgah di Lajes, kemudian akan melanjutkan dengan penerbangan 6,5 jam ke Naval Air Station Patuxent River di AS. F-35 maka akan tetap di pangkalan ini selama enam minggu untuk tes, sebelum akhirnya pindah ke Luke Air Force Base untuk bergabung dengan F-35 yang lain untuk pengujian pesawat dan pelatihan pilot.
F-35 kedua yang dibangun di Italia saat ini sedang dalam tes penerbangan di Cameri dan empat pesawat lain akan menyusul. Di temlat ini jug akan dibangun F-35 yang dipesan Belanda.
Penerbangan melintas Atlantik ini akan jadi yang pertama setelah pada 2014 rencana F-35 terbang dari Amerika ke Eropa untuk mengikuti airshow di Inggris gagal total karena insiden kebakaran mesin yang memaksa seluruh pesawat digrounded. Tahun ini F-35B akan dikirim ke Inggris untuk debut internasionalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar