Rabu, 13 Januari 2016

Vietnam Punya 6 Kapal Selam Kilo, Bagaimana China Melawannya?

Kapal Selam kelas Kilo Vietnam
Kapal Selam kelas Kilo Vietnam
Enam kapal selam kelas Kilo Vietnam yang dibeli dari Rusia sangat mungkin digunakan untuk memotong jalur suplai garnisun Angkatan Darat Pembebasan Rakyat di kepulauan Spratly yang disengketakan.
Angkatan Laut Vietnam telah menerima tiga kapal selam kelas Kilo dari Rusia yang dilengkapi dengan rudal balistik 3M-14E Klub-S. Dengan kemampuan menyerang dari 280 kilometer, rudal bisa mencapai provinsi Guangdong Zhanjiang, di mana Armada Laut Selatan China bermarkas. Fasilitas angkatan laut utama Cina di pulau Hainan juga dalam jangkauan. Selain itu, Kilo-kapal selam dapat menyerang PLA kapal pasokan dengan GE2-01 torpedo radar.

Kapal selam kelas Jin China
Kapal selam kelas Jin China
Lalu bagaimana China akan menghadapi kapal selam canggih Vietnam ini? Kemungkinan paling masuk akal China akan mengandalkan Kapal selam Tipe 094 kelas Jin. Kapal dengan rudal balistik akan dikirim ke pulau Hainan jika konflik pecah. China juga akan mengerahkan serangan kapal selam bertenaga nuklir Type 093 kelas Shang untuk wilayah jika diperlukan.
Meskipun keuntungan Kapal kelas Kilo Vietnam dalam kemampuan serangan darat dan anti-kapal tetapi kapal ini tidak dirancang untuk melawan kapal selam musuh.
Selain itu China juga menggunakan kapal selam Rusia sebelumnya sehingga akan tahu titik lemah kapal selam buatan Rusia. Angkatan Laut China dianggap memiliki kesempatan yang lebih baik menimbulkan kerusakan serius pada kapal Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar