Minggu, 31 Januari 2016

Kapal Selam Cebol dan Drone Iran Permalukan Kapal Induk AS

kapal induk amerika 2

Angkatan Laut Iran merilis rekaman yang diambil oleh sebuah pesawat tanpa awak yang memantau secara jelas dek kapal induk USS Harry S. Truman milik Amerika yang tengah berada di Teluk Persia. Bukan itu saja, kapal selam cebol kelas Ghadir milik Iran juga berhasil mengambil gambar kapal induk dari jarak dekat yang kemungkinan tidak disadari oleh kelompok tempur kapal induk tersebut.
Dilaporkan Press TV, kapal selam Iran mampu mengambil foto-foto kapal induk dengan jelas tanpa menangkap perhatian staf di kapal. Angkatan Laut Iran.


Armada 5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain sedang melakukan latihan di tengah-tengah misi tempur mereka melawan ISIS. Mereka menolak untuk mengomentari insiden tersebut. Tetapi jika benar kapal induk Amerika tidak menyadari kehadiran kapal selam Iran tersebut, jelas ini sebagai hal yang sangat memalukan. Untuk kali sekian, mereka kebobolan karena didekati kapal selam negara lain.
Insiden ini terjadi pada hari ketiga latihan manuver Angkatan Laut Iran dengan sandi Velayat 94, di sebuah petak besar wilayah perairan dan laut lepas di Teluk Persia, Selat Hormuz dan Samudera Hindia. Selama latihan empat hari, marinir Iran mensimulasikan melakukan intersepsi terhadap musuh. Berbagai jenis kapal termasuk kapal selam digunakan dalam latihan ini.
Pada hari pertama latihan, sebuah kapal perang Angkatan Laut AS diperingatkan oleh sebuah kapal perusak Iran mengusir kapal perang Amerika untuk menyingkir diri dari zona latihan di dekat Selat Hormuz.
Kantor berita Fars melaporkan bahwa USS Monterey, sebuah kelas Ticonderoga, sedang berlayar di dekat Selat Hormuz di mana pasukan Iran sedang melakukan latihan militernya. Kapal Amerika segera menyingkir setelah menerima peringatan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar