Selasa, 12 Januari 2016

Rusia akan Orbitkan Satelit Pemantau Rudal Balistik Generasi II

peluncuran satelit
Rusia akan mengorbitkan satelit generasi baru kedua pada 2016 untuk mengamati rudal balistik yang diluncurkan di seluruh dunia. Demikian hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepada saluran TV Zyezda, sebagaimana yang dikutip Sputnik. Satelit ini akan menggantikan satelit sebelumnya yang dibuat pada masa Uni-Soviet, dan diperbarui oleh teknologi stasiun pemantau luar angkasa berbasis darat dan jaringan komputer yang mutakhir.

Menurut laporan Sputnik, EKS-1 adalah jenis satelit pengawas rudal balistik terpadu berbasis luar angkasa pertama yang telah diluncurkan akhir tahun lalu. Pasukan Kedirgantaraan Rusia (VKO) saat ini tengah menguji satelit ini untuk diorbitkan.
Generasi baru satelit ini mampu mengidentifikasi rudal balistik yang diluncurkan dengan cepat melalui sinar inframerah dari satelit yang mampu mendeteksi mesin pembuangan dari rudal-rudal tersebut.
Stasiun pertama dari jaringan baru satelit ini dibangun di kawasan Altai dan telah lulus pengujian negara bagian. Stasiun-stasiun lainnya direncanakan akan dibangun di kawasan Leningrad, Irkutsk, Kaliningrad, dan Krasnodar.
Sumber: Indonesia RBTH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar