Selasa, 19 Januari 2016

Finlandia Pilih Gripen-E?

gripen
Finlandia memang sedang dalam langkah awal untuk mencari jet tempur baru guna menggantikan F/A-18 Hornet mereka yang harus pensiun antara 2020-2030, tetapi tanda-tanda negara ini akan memilih Sab Gripen E Swedia mulai muncul.
Hal ini setelah kerjasma pertahanan liberal antara negara non-blok Nordic Swedia dan Finlandia yang semakin rapat. Dalam pernyataan bersama yang dirilis 10 Januari, Perdana Menteri Finlandia Juha Sipilä dan Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven
menggarisbawahi kebutuhan untuk membangun struktur kerjasama militer bilateral yang praktis dan bermanfaat. Dia juga mengingatkan bahwa saat ini keamanan Eropa menghadapi ancaman paling parah sejak era Perang Dingin.
“Finlandia dan Swedia keduanya beroperasi di luar aliansi militer. Kami percaya bahwa kebijakan ini berfungsi dengan baik. Kita harus mengandalkan pengalaman ini untuk melakukan penilaian atas tantangan  yang kami h adapi. Militer non aliansi kami memberikan kontribusi bagi stabilitas dan keamanan Eropa Utara secara keseluruhan. Meskipun kami bukan anggota NATO, kami bekerja sama dengan organisasi. Kami juga link trans-Atlantik yang kuat, “kata pernyataan itu sebagaimana dikutip Defense News Senin 18 Januari 2016.
Swedia juga berharap bisa menjual jet tempur JAS Gripen-E ke Finlandia, yang telah mulai proses penggantian pesawat tempur F / A-18 C / D Hornet mereka. Meskipun pejabat pemerintah tetap bungkam, kerjasama militer yang semakin rapat antara Finlandia dan Swedia memungkinkan Finlandia dapat memilih strategi mencari pengganti dengan dua jenis pesawat tempur yang berbeda dan kompatibel dengan NATO, salah satunya bisa jadi Gripen E.
Diharapkan dalam perjanjian bilateral di masa depan tidak hanya akan mencakup tugas-tugas bersama dan berbagi port angkatan laut dan pangkalan udara, tetapi juga akan memungkinkan setiap negara untuk membantu yang lain dalam hal serangan bersenjata.
Kebutuhan yang lebih mendesak untuk kedua Swedia dan Finlandia adalah untuk membangun pangkalan untuk keamanan militer regional yang lebih kuat dengan tetangga NATO seperti Denmark, Norwegia, Estonia, Lithuania dan Latvia, kata Ulf Kehl, seorang analis politik yang berbasis di Berlin.
Swedia dan Finlandia terus memperdalam kerjasama dengan NATO. Pada bulan Desember, Swedia memperpanjang izin yang memungkinkan pesawat pengintai AWAC NATO terbang di atas wilayah udara Swedia. Perpanjangan selama enam bulan dan akan berakhir pada 31 Mei.
Pesawat NATO memiliki kapasitas untuk melacak pesawat lain pada jarak hingga 250 mil dan akan terbang di atas wilayah udara Swedia pada rute antara Norwegia dan Polandia.
Departemen Pertahanan Finlandia meluncurkan Program Fighter HX pada akhir 2015 setelah laporan Kelompok Kerja Ahli pada bulan Juni 2015 yang merekomendasikan akuisisi pesawat tempur multiperan dan melakukan upgrade tambahan untuk 61 F / A-18C / D pesawat Angkatan Udara. Boeing F / A-18E / F Super Hornet, Dassault Rafale, Eurofighter Typhoon, Lockheed Martin F-35 dan Saab Gripen-E terdiri lima pesawat tempur jenis kandidat yang dipertimbangkan oleh Program Fighter HX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar