Rabu, 13 Januari 2016

Rusia Punya Tujuan Ganda di Kutub Utara

kutub rusia
Moskow secara terbuka telah memposisikan diri sebagai kekuatan militer penting di Kutub Utara dalam beberapa bulan terakhir. Kremlin tampak akan mengambil keuntungan dari Arktik yang terus mencair.
Rusia memiliki “tujuan dua kali lipat” di Kutub Utara, seorang pejabat senior di Departemen Pertahanan Finlandia mengatakan kepada The Wall Street Journal Rabu 10 Juni 2015.

Yang pertama adalah untuk “mengamankan jalur Utara Laut dan [mengeksploitasi] sumber energi potensial,” sedangkan yang kedua adalah untuk meningkatkan “kemampuan mereka untuk menjangkau bagian lain dari dunia, dengan menggunakan kemampuan angkatan udara dan Armada Utara . ”
Dia menambahkan bahwa para perencana militer Rusia “meningkatkan kemampuan mereka untuk memindahkan pasukan udara mereka dari bagian tengah Rusia di utara.”
Daya tarik menjadi aktor memerintah di Arktik jelas. Pada tahun 2030, catatan Wall Street Journal, jalur laut utara akan dilalui oleh kapal-kapal selama sembilan bulan dalam setahun. Rute ini bisa mengurangi waktu perjalanan antara Eropa dan Asia Timur sebanyak 60%, dibandingkan rute arus melalui Terusan Panama atau Suez.
Selain itu, AS memperkirakan bahwa proporsi yang signifikan dari minyak bumi belum dimanfaatkan – termasuk sekitar 15% dari minyak yang tersisa di dunia, hingga 30% cadangan gas alam, dan sekitar 20% dari gas alam cair – disimpan di dasar laut Kutub Utara.
Dengan militasisasi di daerah ini, Rusia telah memposisikan diri untuk memiliki klaim terkuat guna mengontrol perdagangan dan sumber daya ekstraksi di wilayah tersebut. Potensi pendapatan Rusia yang diklaim ini begitu besar. Bahkan Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan dalam tweet singkat bahwa “Arktik adalah Mekkah-nya Rusia.”
Sejak Rusia mengadopsi doktrin militer diperbarui pada bulan Desember 2014, Kremlin telah menempatkan penekanan pada pengembangan dan militerisasi seluruh wilayah Arktik.
kutub utara
Moskow telah dilakukan blitz konstruksi di Arktik untuk membangun superioritas militer di wilayah tersebut. Rusia dengan membangun sepuluh stasiun pencarian dan penyelamatan, 16 pelabuhan laut, 13 lapangan terbang, dan 10 stasiun radar pertahanan udara di pantai Arktik.
Bersamaan dengan itu, Moskow telah menciptakan Komando Bersama Strategis Utara dari komponen Armada Utara dalam rangka mempertahankan kehadiran militer permanen di wilayah tersebut. Sangat mungkin bahwa daerah ini nantinya akan menjadi distrik militer kelima Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar