Kamis, 26 November 2015

Gempur Kurdi, Jet Turki Terobos Udara Irak


turki

Jet Turki dilaporkan menerobos wilayah udara Irak tanpa izin dalam gelombang serangan terbaru mereka terhadap pangkalan pejuang PKK Kurdi.
Beberapa pangkalan dari Partai Pekerja Kurdistan menjadi sasaran dalam serangan udara oleh pasukan udara Turki di Kurdistan Irak.

” F-16 Turki terus membom pangkalan PKK di daerah Barwari Balla dan desa Kesta di kota Zakho,” demikian dilaporkan outlet berita lokal Rudaw dan dikutip Ria Novosti Kamis 26 November 2015. Tidak ada korban yang dilaporkan jatuh dari serangan tersebut.”Sebelum mereka membom target mereka, [pesawat tempur] beberapa waktu lalu telah memantau daerah tersebut,” tulis media tersebut.
Pada hari Sabtu, jet Turki dilaporkan meluncurkan serangan udara terhadap fasilitas PKK di Irak utara.
Ketegangan antara Ankara dan Kurdi meningkat pada bulan Juli ketika setelah gencatan senjata dua tahun Turki, meluncurkan kampanye militer terhadap PKK di Irak utara dan selatan Turki. Serangan itu dilakukan setelah kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan dua polisi Turki.
PKK, yang berbasis di Turki dan daerah otonom Kurdistan Irak, didirikan pada akhir tahun 1970 dengan tujuan untuk menentukan nasib sendiri bagi masyarakat Kurdi. Kelompok ini dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, Uni Eropa dan NATO. Kurdi membentuk etnis minoritas terbesar di Turki dengan 20% dari populasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar