Selasa, 24 November 2015

Inilah Peta Kekuatan Kapal Selam Eropa


kapal selam rusia
Kapal selam modern dipakai untuk berbagai tugas seperti menyerang atau melindungi kapal induk seperti yang dilakukan oleh kelompok tempur kapal induk Angkatan Laut Amerika. Selain itu kapal selam bertugas menjaga wilayah perairan, menyerang kapal musuh atau pedagang, menjalankan blokade, mengumpulkan intelijen, mengirimkan pasukan khusus, serta meluncurkan rudal jelajah balistik dalam skenario serangan darat konvensional atau nuklir.

Semua angkatan laut kuat di dunia mengoperasikan kekuatan kapal selam untuk satu atau lebih berbagai misi tersebut di atas. Eropa menjadi negara yang banyak mengoperasionalkan kapal selam. Sehingga perairan Eropa dan Mediterania menjadi wilayah yang paling sibuk dengan lalu lintas senjata bawah laut ini.
Infographic yang dibuat  @ Naval_Graphics ini bisa memberi gambaran bagaimana peta kekuatan kapal selam di daerah ini.
kapal selam copy
Grafik ini menunjukkan kekuatan armada Utara, Baltik dan Laut Hitam Rusia. Menariknya, setidaknya satu kapal selam nuklir strategis kelas Borei ditugaskan untuk teater Eropa.
Kapal selam kelas Borei akan menjadi tulang punggung kekuatan nuklir strategis Angkatan Laut Rusia pada 2025-2030, menggantikan beberapa kapal selam jenis lain termasuk si raksasa Typhoon. Setiap kapal selam kelas Borei mampu membawa 16 rudal balistik antarbenua Bulava, masing-masing dengan jangkauan hingga 11.000 km dan mampu membawa hulu ledak nuklir.
Kapal selam Rusia sering beroperasi di dekat wilayah perairan negara-negara Eropa utara, seperti Swedia dan Inggris. Pesawat patroli maritim sejumlah negara tersebut berusaha keras untuk mencari dan melacak mereka.
Beberapa waktu lalu ada kekhawatiran bahwa kapal selam Angkatan Laut Rusia bisa menyerang komunikasi internet utama dalam skenario perang masa depan, menyusul aktivitas angkatan laut tidak tbiasa terdeteksi di dekat lokasi kabel bawah laut.
Sumber: The Aviationist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar