Jumat, 06 Maret 2015

FJ-17 BERTARUNG DENGAN F-16, GRIPEN DAN TYPHOON DI BULGARIA

JF-17-Thunder-01

Pakistan membuat proposal sendiri untuk Bulgaria mengenai perbaikan armada pesawatnya. Masuknya proposal ini dilakukan setelah sebelumnya Amerika Serikat, Italia dan Swedia telah menawarkan pesawat untuk menjawab kebutuhan Bulgaria yang akan menggantikan 16 jet tempur MiG mereka yang sudah tua.

Islamabad juga menawarkan jet tempur multiperan generasi ke-4++ JF-17  yang telah memproduksi bersama-sama dengan China sejak tahun 2007 demikian dilaporkan Presa Daily. Pesawat ini akan bersaing dengan jet-jet tempur lain.
JF-17 menggunakan mesin buatan China, namun dibangun di bawah lisensi Rusia dan menyerupai MiG-29. Namun kendaraan Pakistan dianggap lebih maju, karena MiG-29 adalah pesawat 4 generasi.
Bulgaria telah mencari selama beberapa tahun untuk memperbarui armada pesawatnya, dengan berbagai pemerintah berturut-turut gagal untuk mengambil keputusan apapun.
Dari 15 penawaran disampaikan kepada Departemen Pertahanan Bulgaria, total 3 telah terpilih, yang berasal dari Italia (Eurofighters), Swedia (Gripen) dan Amerika Serikat (F-16).
Pilihan untuk AS, adalah jet tempur F-16 bekas yang saat ini disimpan di Tucson, Arizona. Jika ini dipilih maka harganya sangat murah bahkan nyaris bisa dikatakan sebagai hadiah gratis. Swedia satu-satunya yang menawarkan pesawat Gripen baru karena Eurofighter juga menawarkan pesawat bekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar