Jumat, 06 Maret 2015

KAPAL SELAM PRANCIS DIPERINTAHKAN TENGGELAMKAN KAPAL INDUK AS

Kapal Selam Serang Prancis Saphir
Kapal Selam Serang Prancis Saphir
Pada 4 Maret 2015, Departemen Pertahanan Prancis merilis beberapa rincian yang menarik, tentang kegiatan yang dilakukan oleh salah satu kapal selam serang bertenaga nuklir (SNA) milik mereka di perairan Samudera Atlantik Utara.
Menurut situs Pertahanan Perancis (yang tidak lagi online, bahkan jika Anda masih bisa menemukan versi cache dari artikel berjudul “Le SNA Saphir en Entrainement avec l’US Navy au Large de la Florida”), kapal selam Saphir baru-baru ini mengambil bagian dalam latihan utama dengan Angkatan Laut AS dari Florida.

Tujuan dari latihan adalah latihan bersama dengan Kelompok tempur Kapal Induk Theodore Roosevelt, dengan beberapa Ticonderoga atau frigat kelas Arleigh Burke dan jenis kapal selam Los Angeles.
Skenario latihan adalah adanya serangan terhadap kepentingan ekonomi dan teritorial Amerika. Ancaman yang dihadapi oleh kekuatan angkatan laut yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt.
Selama tahap pertama latihan, Saphir diintegrasikan untuk mendukung perang anti-kapal selam atau anti-submarine warfare (ASW) dengan menggandeng AS P-3C Orion P-8A Poseidon MPA (Maritime Patrol Aircraft). Perannya adalah untuk berbagi semua kontak bawah air dengan aset ASW lainnya.
Kelompok tempur kapal induk AS
Kelompok tempur kapal induk AS
Pada fase kedua latihan, Saphir diintegrasikan dengan pasukan musuh dan misinya adalah untuk menemukan kapal induk Theodore Roosevelt dan kelompok tempurnya untuk kemudian menyerang.
Sebagaimana ditulis di The Aviationist Kamis (05/03/2015), Saphir diam-diam masuk ke jantung pertahanan kapal induk dengan menghindari deteksi oleh aset ASW.
Pada pagi hari terakhir, perintah untuk serangan itu akhirnya diberikan, memungkinkan Saphir berpura-pura menenggelamkan USS Theodore Roosevelt dan sebagian besar pendampingnya.
Meskipun kita tidak benar-benar tahu banyak rincian lebih lanjut tentang serangan dan hasilnya, latihan scripted RoE (Rules of Engagement) dengan simulasi tenggelamnya kapal induk membuktikan pertahanan bawah laut flattop sangat sulit ditembus.
Ini adalah alasan mengapa kapal selam modern sering berlatih dengan kapal induk. Karena mereka menimbulkan ancaman signifikan terhadap kelompok tempur kapal induk.
Jelas, ini bukan pertama kalinya kapal selam mencetak pembawa membunuh simulasi dengan serangan torpedo. Misalnya, pada tahun 2007 kapal selam diesel listrik HMCS Corner Brook milik Kanada juga melakukan simulasi menenggelamkan kapal Inggris di Atlantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar