Rabu, 04 Maret 2015

Irak Berjuang Rebut Tikrit, Koalisi Justru Tak Bantu


koalisi
Pasukan Irak melancarkan serangan besar-besaran terhadap posisi ISIS di Tikrit. Anehnya koalisi pimpinan AS justru tidak memberikan dukungan udara untuk serangan terbesar dalam konflik Irak dan kelompok militan tersebut.
Juru bicara Pentagon Kolonel Angkatan Darat Steve Warren mengatakan kepada wartawan bahwa Irak tidak meminta dukungan dari AS untuk operasi ini, meskipun Departemen Pertahanan tahu sebelum serangan dimulai. Sementara belum ada serangan udara koalisi, Warren tidak mau berkomentar jika sudah ada penerbangan pengintaian selama operasi.

“Irak adalah negara merdeka, itu militer mereka, perjuangan mereka melawan ISIS,” kata Warren. “Mereka tidak meminta dukungan untuk itu, kami tidak memberikan dukungan untuk itu.”
Pasukan keamanan Irak telah didukung oleh artileri dan serangan udara dari pesawat tempur Irak, meskipun kelompok itu belum masuk Tikrit, tempat besar kubu Negara Islam di Irak utara.
Salah satu aspek dari serangan yang menyulitkan keterlibatan AS kemungkinan karena pasukan Iran telah bergabung. Associated Press, mengutip kantor berita Fars Iran, melaporkan bahwa Pasukan Quds Iran tiba di wilayah itu dua hari yang lalu dan telah membantu pasukan Irak di daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar