Kamis, 05 Maret 2015

Rusia Akui Radar China Mampu Deteksi Pesawat Siluman


DWL002 Anti-Stealth Radar
DWL002 Anti-Stealth Radar
Ahli dari Rusia mengakui radar pasif DWL002 milik China mampu untuk mendeteksi pesawat siluman. Vassily Kashin, seorang peneliti senior dari Center yang berbasis di Moskow untuk Analisis Strategi dan Teknologi, mengatakan kepada Voice of Rusia beberapa waktu silam.
China telah mengeluarkan sumber daya yang besar untuk mengembangkan sistem radar dengan kemampuan untuk mencegat pesawat seperti F-22 dan F-35 siluman. Radar DWL002 terungkap kepada publik untuk pertama kalinya Ninth China International Defence Electronics Exhibition in Beijing Mei 2014 lalu. Sistem ini memiliki jangkauan 500 kilometer dan dapat mendeteksi, mencari dan melacak udara, laut dan radiasi tanah.
Global Times, sebuah tabloid yang diterbitkan di bawah naungan Partai Komunis Rakyat China melaporkan bahwa DWL002 akan digunakan untuk pertahanan udara dan pengawasan pesisir dalam lingkungan elektromagnetik yang kompleks. Radar pasif dapat melacak semua jenis pesawat melalui frekuensi gelombang radio rendah hingga pilot pesawat siluman tidak akan sadar jika dirinya sudah terdeteksi.

Kashin mengatakan apalagi bahwa DWL002 mungkin telah dikerahkan untuk unit garis depan.
Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya menghentikan pengembangan sistem radar pasif deteksidengan mempertimbangkan dana dan ukuran yang besar sementara akurasi kerap dipertanyakan. Namun Rusia dan China menjadi dua negara yang tetap bertahan dengan teknologi ini. Sistem DWL002 dirancang dengan teknologi China yang diperoleh dari Ukraina.

Sumber: Want China Times

Tidak ada komentar:

Posting Komentar