Jumat, 06 Maret 2015

KAPAL SELAM KELAS YASEN KELIMA RUSIA MULAI DIBANGUN

kapal-selam-severodvinsk(2)
Galangan kapal Sevmash Rusia akan mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan kapal selam nuklir kelas Yasen kelima, Arkhangelsk, pada tanggal 19 Maret 2015. Kapal kelas Yasen disebut-sebut sebagai kapal bawah air bertenaga nuklir serbaguna paling canggih di Angkatan Laut Rusia.

Lima kapal selam ini diproyeksikan untuk menggantikan kapal selam serang era Soviet seperti kelas Akula dan diyakini akan sebanding dengan kapal selam nuklir AS kelas Virgnia Seawolf.
Rusia sedang membangun tiga kapal selam kelas Yasen. Sementara satu kapal telah masuk ke layanan Angkatan Laut Rusia.
Semua kapal selam kelas Yasen masa depan akan memiliki desain state-of-the-art yang menampilkan profil lambung dimodifikasi dan peralatan modern. Lambung terbuat dari baja rendah magnetik.
Sebagaimana dilaporkan Ria Novosti Jumat 06 Maret 2015 kelas Yasen adalah kapal selam Rusia pertama yang dilengkapi dengan sistem sonar bola, yang terdiri dari array busur bola, array sayap dan array diderek. Karena ukurannya yang besar array bola ini, tabung torpedo miring dan ditempatkan di belakang kompartemen kontrol utama.
Selain karena torpedo 533 mm, kapal selam kelas Yasen mampu menembak rudal jelajah dari delapan sistem peluncuran vertikal.
Mereka juga dapat membawa rudal supersonik anti-kapal atau serangan darat rudal jelajah Onyx dan Kalibr.
Kapal selam memiliki 90 awak, yang menunjukkan tingkat tinggi otomatisasi dalam sistem yang berbeda dengan kapal selam. Untuk perbandingan kapal selam serangan AS kelas Virginia memiliki 134 awak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar