Minggu, 22 Maret 2015

Kecepatan Imbang dengan Typhoon, Bomber T-160M Bahayakan Inggris


Inggris, dan mungkin negara lain dibuat pusing tujuh keliling dengan bomber Rusia Tu-160M Blackjack. Pasalnya bomber yang juga dikenal dengan White Swan itu akan sangat menyulitkan bagi jet tempur Inggris untuk mencegat karena tingginya kecepatan. Tu-160M yang baru saja diupgrade diperkirakan akan memiliki kecepatan sama dengan Eurofighter Typhoon.
Tu-160M Blackjack
Tu-160M Blackjack
Beberapa waktu lalu pilot Typhoon Inggris dengan mudah mengintersep bomber Bear Rusia yang masih didorong dengan kekuatan baling-baling yang hampir masuk wilayah udara Inggris. Karena insiden itu Duta besar Rusia untuk Inggris dipanggil ke Departemen Luar Negeri untuk menjelaskan tentang hal itu.

Tapi Blackjack tiga kali lebih cepat dibandingan Bear. Dan sialnya bisa terbang empat kali lebih jauh dari jet tempur Inggris yang berada di skuadron reaksi cepat atau Quick Reaction Alert (QRA).
Pembom ini baru saja masuk kembali ke layanan angkatan udara Rusia setelah perbaikan desain.Para ahli mengatakan bomber itu akan mampu membuat jet tempur terengah-engah untuk mengejarnya, termasuk Typhoon yang digunakan untuk melindungi wilayah udara Inggris.
MoS2 Template Master
Blackjack bisa mencapai Mach 2  atau 1,500mph. Sama dengan kecepatan Typhoon. Sementara pesawat Rusia memiliki jangkauan 7.600 mil tanpa pengisian bahan bakar. Jauh di atas  batas Typhoon yang hanya 1.800 mil, yang berarti Blackjack bisa mempertahankan kecepatan maksimum lebih lama daripada jet tempur Inggris.
Dr Igor Sutyagin, enior Russian Research Fellow at the Royal United Services Institute (RUSI) yang berbasis di London mengatakan: “Tu-160M ​​sekarang memiliki daya dorong yang lebih tinggi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta dapat membawa muatan rudal lebih besar. “Tes penerbangan berhasil dan pesawat itu sekarang sangat ampuh. Ini adalah bomber terbesar di dunia.”
Dua Blackjacks pertama yanag diupgrade melewati serangkaian tes penerbangan Desember lalu dan kini telah berlalu untuk layanan. Mereka sedang dipersiapkan untuk kemungkinan beraksi di pangkalan udara di Rusia yang berada dalam jarak yang memadahi untuk menghantam Inggris.
Satu ditempatkan di pangkalan udara Monchegorsk dekat Murmansk, Rusia utara yang hanya berjarak 1.000 mil dari Kepulauan Inggris. Dan yang lebih menakutkan sepuluh Blackjacks lagi akan dimodernisasi sebelum 2020.
Eurofighter Typhoon RAF
Eurofighter Typhoon RAF
Dr Sutyagin menambahkan bahwa mengubah para Blackjack adalah bagian dari rencana Presiden Putin untuk meningkatkan perangkat keras militer di gudang arsenal Rusia. Hal ini dilakukan pada saat ketegangan antara Rusia dan Barat meningkat serta penyusutan anggaran sejumlah negara Eropa termasuk Inggris. “Presiden Putin telah memprioritaskan bidang pertahanan di mana ia berpikir ia bisa unggul Barat,” kata Dr Sutyagin.
“Dia juga telah meningkatkan rudal nuklir jarak jauh seperti Bulava, yang sekarang sangat sulit untuk dideteksi. Rudal ini lebih ringan dan lebih kompak jadi lebih hulu ledak dapat dipasang ke kapal selam.
“Dia juga telah berkomitmen untuk jet tempur siluman T-50. Jet siluman ini bisa mengakibatkan perubahan yang berpotensi besar dalam distribusi kekuatan militer di seluruh dunia. Rusia juga meningkatkan dua kali lipat pasukan Pasukan Khususnya,” katanya seperti dikutip Daily Mail Minggu 22 Maret 2015.
Dari sekarang hingga 2020, Spetsnaz (Pasukan Khusus Rusia) akan meningkat dari 15.000 sampai 32.000.
Dilatih untuk tingkat yang sama seperti Inggris Special Air Service (SAS), mereka digunakan di Chechnya dan, terakhir, di Ukraina bagian timur di mana mereka diyakini telah melakukan perang gerilya membantu separatis.
Para ahli juga percaya Putin bisa mengirim Spetsnaz ke negara-negara Baltik Latvia dan Lithuania, keduanya anggota NATO, untuk mengatur perlawanan antara etnis Rusia.
Kementerian Pertahanan (MoD) terus memantau program Blackjack dan dan jet tempur siluman Rusia. Namun sumber RAF menyebutkan mereka tetap yakin Typhoon adalah pesawat yang unggul secara keseluruhan mengingat set senjata udara ke udara dan kelincahan.
Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan: “Peran utama dari Royal Air Force adalah untuk membela Inggris. Kami menyadari kegiatan militer Rusia baru-baru ini. Jet tempur Typhoon RAF akan terus secara rutin mencegat, mengidentifikasi dan mengawal pesawat Rusia yang melakukan perjalanan melalui wilayah udara internasional di wilayah Inggris yang menarik. ”

jejaktapak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar