Selasa, 27 Oktober 2015

Korea Akan Ekspor T-50 ke Uzbekistan, AS: Tidak Boleh!


T-50 Golden Eagle
T-50 Golden Eagle
Pemerintah Amerika Serikat menentang rencana Korea Selatan untuk mengekspor jet latih supersonic T-50 Golden Eagle ke Uzbekistan karena takut teknologi Amerika yang ditanam di pesawat itu akan bocor ke Rusia.

T-50 Golden Eagle dikembangkan bersama  oleh Korea Aerospace Industries ‘(KAI) dan perusahaan teknologi kedirgantaraan, pertahanan Amerika Lockheed Martin pada tahun 2006. Di bawah US Arms Export Control Act, Korea wajib mengkoordinasikan penawaran ekspor dengan Amerika Serikat.
Koran Korea Times melaporkan mengutip sumber militer, Minggu 25 Oktober 2015 melaporkan KAI bermaksud untuk menjual 12 T-50 senilai US$400 juta. Meskipun ditentang AS, Korea Departemen Pertahanan Nasional masih berusaha untuk menjaga kontak dengan Uzbekistan tentang masalah tersebut.
“Sebagai Uzbekistan memiliki hubungan dekat dengan Rusia, AS khawatir bahwa ekspor T-50 ke Uzbekistan dapat menyebabkan teknologi itu ditransfer ke Rusia,” kata sumber itu. Saat ini, Korea Selatan telah mengekspor T-50 ke Indonesia, Irak, Filipina dan Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar