Rabu, 23 September 2015

Delegasi Tingkat Tinggi Mesir Nego Mistral Prancis


 mistral lagiSebuah delegasi tingkat tinggi Mesir saat ini berada di Paris untuk negosiasi pembelian dua kapal amfibi kelas mistral serta dua korvet kelas Gorwind. Tetapi sepertinya negosiasi akan menemui masalah sulit terkait tingginya harga kapal.
Menurut beberapa sumber yang dikutip La Tribune Rabu 23 September 2015, delegasi Mesir ini merupakan utusan langsung Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi untuk membicarakan pembelian dua kapal yang seharusnya dikirim ke Rusia tetapi dibatalkan. DCNS sebagai produsen kapal telah menyerahkan kepada Bercy untuk menjual dua Mistral. Dan Bercy dikabarkan telah menetapkan harga yang terlalu tinggi.
Karena masalah ini, La Tribune melaporkan akhir pekan lalu, delegasi Mesir hampir menutup pintu negoisasi karena DCNS tidak memiliki jawaban untuk mereka.

Pembicaraan ini akan berlanjut sampai akhir Oktober. Mesir tampaknya sangat termotivasi untuk memperoleh kapal ini. Sekitar sepuluh hari, delegasi Mesir berada di Saint-Nazaire. Kapal ini akan diposisikan, untuk Laut Merah dan lainnya di Laut Mediterania untuk kemungkinan intervensi di Libya dan Yaman.
Bagi Paris, perjanjian dengan Mesir akan menjadi berita besar setelah sebelumnya negara tersebut mengeluarkan biaya besar untuk membayar kompensasi akibat pembatalan pengiriman kapal ke Rusia. Belum lagi biaya perawatan sehari-hari yang sangat tinggi. Sehingga penjualan kapal secara cepat menjadi jauh lebih baik.
Selain soal mistral delegasi Mesir juga negosiasi akuisisi dua tambahan korvet Gowind, yang merupakan opsional dalam kontrak yang ditandatangani pada bulan Mei 2014 terkait penjualan empat Gowind 2.400 ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar