Jumat, 18 September 2015

Lanud Adisutjipto Bentuk Tim Aerobatik dengan Grob G120 TP-A


grob2Pangkgalan Udara (Lanud) Adisutjipto saat ini tengah merintis tim aerobatik udara yang akan menggunakan pesawatGrob G120 TP-Abuatan Jerman. Grob Team diharapkan akan melakukan unjuk perdana pada HUT ke-70 TNI mendatang.
Sebelumnya pangkalan ini telah memilik Jupiter Aerobatic Team (JAT) dengan membesut pesawat latih KT-01 Woong Bee buatan Korea Selatan. Secara kemampuan manuver, Grob jelas di bawah KT-01. Tetapi keunggulan tim ini akan didukung banyak pesawat yakni sekitar 16 pesawat dan melibatkan 32 penerbang.

Sebelumnya Grob memang kerap tampil di sejumlah event seperti Jogja Air Show. Tapi penampilan menekankan pada fly pass. Tetapi di pertengahan 2015, Grob Team mulai melakukan sejumlah manuver. Salah satu yang dilakukan dalam latihan Kamis 17 September 2015, 16 pesawat itu membentuk formasi angka 70.
“Ini merupakan latihan pertama kali menggabungkan formasi angka tujuh dan nol sehingga membentuk angka 70. Percobaan ini dilakukan untuk persiapan HUT TNI ke-70 di Merak, Banten,” kata Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Imran Baidirus sebagaimana dikutip Harian Jogja.
Danlanud mengakui formasi perdana yang dilakukan Grob Team butuh penyempurnaan. Sehingga latihan akan terus dilakukan selama 15 hari ke depan. Tetapi ia mengapresiasi keberanian para penerbang. “Latihan akan dilakukan terus menerus sampai mendekati kesempurnaan,” ujarnya.
Saat ini terdapat 18 unit pesawat Grob TP-A yang didatangkan dari Jerman sejak September 2013. Pesawat ini menjadi suksesor AS 202 Bravo tua. Dalam keseharian pesawat ini digunaan untuk mendukung bina terbang bagi siswa Sekbang TNI AU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar