Kamis, 10 Maret 2016

Gila, Anggaran Hitam Pentagon Capai Rp918 Triliun

X-37B OTV Mission 3 Landing
Anggaran hitam Pentagon yang  dihabiskan untuk program dan kegiatan yang tidak dirinci karena sifat rahasia pada usulan anggaran 2017 mencapai US$68 miliar atau skitar Rp918 triliun
Menurut sebuah analisis Aviation Week Kamis 9 Maret 2016 menyebutkan jumlah ini mencapai 12% dari total anggaran sebesar US$582 miliar. Jumlah dana siluman ini bahkan hampir sama dengan gabungan seluruh anggaran pertahanan Prancis, Rusia atau Inggris. Bahkan hampir mencapai setengah dari total APBN Indonesia 2016 yang mencapai sekitar Rp2.000 triliun!
Anggaran rahasia ini disebar ke dalam item ke seluruh program rencana dan pengembangan (R & D), pengadaan, operasi dan subbudgets pemeliharaan.
Dari total anggaran hitam ini sebanyak US$2,25 miliar untuk R & D,  US$20,7 miliar untuk pengadaan dan US$24,9 miliar untuk operasi.

Dilihat dari persentase dari anggaran total R & D hampir 19% bersifat rahasia. Sementara dari pengadaan 10% di antaranya rahasia. Anggaran hitam untuk R & D dan pengadaan ini mencapai 24% atau lebih tinggi dibandingkan akhir Perang Dingin yang mencapai 17%.
Program dan kegiatan rahasia ini tidak termasuk untuk pengembangan dan pembangunan Long Range Strike Bomber (LRS-B) B-21 atau rudal Long-Range Standoff. Meskipun rincian program dan teknis proyek ini rahasia, keberadaan mereka diakui dan anggaran mereka terdaftar secara terbuka.
Salah satu program hitam secara luas dilaporkan adalah pembangunan Northrop Grumman RQ-180, pesawat tanpa awak untuk misi intelijen, pengawasan dan pengintaian atau surveillance and reconnaissance (ISR) yang didanai oleh rekening R & D dan pengadaan Angkatan Udara.
Sementara sebuah anggaran yang ada di item pengadaan barang Angkatan Udara yang terdaftar di bawah “pengadaan rudal,” diduga untuk mendanai produksi satelit pencitraan dan pesawat ruang angkasa sinyal intelijen untuk National Reconnaissance Office (NRO).  Jumlahnya sekitar US$1,06 milia dalam anggaran. Ada anggaran yang lebih kecil untuk program lain Angkatan Udara yang tidak dapat ditemukan dalam anggaran tidak dirahasiakan, salah satunya adalah soal General Atomics Aeronautical Systems-Predator C / Avenger UAV
Pengadaan rahasia lain yang ada di Angkatan Udara mencakup segala sesuatu dari amunisi senjata ringan untuk sistem tanah ISR dan diidentifikasi sebelumnya sebagai “kegiatan yang dipilih yang pada 2017 jumlahnya mencapai US$18,6 miliar.
Setelah itu, item rahasia terbesar kedua senilai US$15,7 miliar untuk program defensewide dalam anggaran operasi dan pemeliharaan.
Angkatan Udara selalu memiliki anggaran hitam terbesar. Anggaran rahasia untuk R & D mencapai dua kali lipat dari gabbungan Angkatan Darat dan Angkatan Laut yang keduanya hanya memililki black budget sebesar US$ 20 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar