Senin, 14 Maret 2016

2 Rudal Hellfire Misterius Dikirim dengan Pesawat Sipil ke Portland


helfire2
Otoritas Serbia sedang menyelidiki laporan adanya paket kargo menuju Portland yang berisi dua rudal dengan hulu ledak eksplosif dengan penerbangan sipil dari Lebanon.
Televisi N1 mengatakan paket dengan dua peluru kendali armor-piercing ditemukan hari Sabtu oleh anjing pelacak setelah penerbangan Air Serbia dari Beirut mendarat di Bandara Belgrade.
Media Serbia mengatakan dokumen menyebutkan tujuan akhir dari rudal AGM-114 Hellfire tersebut adalah Portland. Rudal buatan Amerika dapat ditembakkan dari platform udara, laut atau darat terhadap beberapa target.

Kantor Berita Negara Serbia Tanjug melaporkan bahwa rudal telah dikemas dalam peti kayu dan dibongkar di Belgrade Nikola Tesla Airport, di mana mereka terdeteksi oleh anjing pelacak bom.
Jenis rudal awalnya dirancang untuk ditembakkan dari helikopter dan diberi nama Helicopter Launched, Fire and Forget Missile yang kemudian disingkat menjadi Hellfire.
AGM-114 diproduksi oleh Lockheed Martin, Boeing dan Northrup Grumman dengan berat sekitar 100 pound dan harga sekitar US$110.000 setiap bijinya. Kebanyakan model menggunakan bimbingan laser meskipun salah satu versi dari AGM-114 menggunakan bimbingan radar.
FBI mengaku sejauh ini belum mendapat informasi tentang masalah ini. “Kami belum memiliki informasi apapun tentang itu,” kata Jennifer Adams, juru bicara FBI, Minggu 13 Maret 2016. Televisi N1 melaporkan Minggu bahwa Air Serbia akan membantu penyelidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar