Minggu, 13 Maret 2016

Kapal Selam Rusia Intai Pantai Prancis

kapal-selam-severodvinsk(2)
Armada kapal selam Moskow telah meningkat aktivitasnya ke tingkat yang tidak terlihat sejak sebelum akhir Perang Dingin.  Bahkan sebuah sebuah kapal selam rudal balistik Rusia telah terlihat di Atlantik dan sangat dekat dengan pantai Prancis di Teluk Biscay.
Mengutip seorang pejabat senior pertahanan Prancis, surat kabar Prancis L’Obs melaporkan kapal selam rudal balistik Rusia pada Januari terdeteksi nyaris masuk ke perairan teritorial Prancis. Namun, Kementerian Pertahanan Prancis tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal penampakan tersebut. Paris umumnya mempertahankan kebijakan untuk tidak mengomentari hal-hal tersebut.

“Kegiatan angkatan laut Rusia telah meningkat selama beberapa bulan, dan tahun terakhir dan kami secara permanen memberi perhatian untuk itu,” kata seorang juru bicara angkatan laut Perancis sebagaimana dikutip National Interest dari Reuters Jumat 11 Maret 2016
Kapal selam itu diyakini menjadi kapal kelas Delfin Project 667 BDRM, yang oleh NATO dikenal sebagai Delta IV. Kapal selam seberat kurang lebih 18.000 ton ini membawa 16 rudal balistik berbahan bakar cair R-29RMU2.1 Liner  dan 16 rudal R-29RMU SINEVA yang masing-masing membawa empat hulu ledak dan memiliki jangkauan sekitar 7.500 mil.
Rusia akhirnya akan mempensiun trio Proyek 667BDR Kalmar (Delta III) dan enam Proyek 667BDRM kelas Delfin (Delta IV) dan mengantinya dengan kelas Borei Proyek 955 yang dipersenjatai dengan rudal RSM-56 Bulava. Tiga kapal selam kelas Borei telah selesai, sementara kapal keempat Knyaz Vladimir saat ini sedang dibangun di Sevmash.
Knyaz Vladimir akan menjadi yang pertama dari kapal selam kelas baru yang disebut Project 955A Borei-II. Rusia berencana untuk membangun lima dari kapal rudal balistik baru ini, yang beberapa laporan menyatakan akan membawa 20 rudal Bulava atau naik dari Borei sebelumnya yang membawa 16 rudal tersebut.
Knyaz Vladimir diharapkan untuk masuk layanan pada tahun 2017. Sejauh ini, tujuh dari delapan direncanakan kapal selam kelas Borei telah selesai atau berada dalam berbagai tahap konstruksi.
Rusia juga memiliki satu kapal selam Project 941 kelas Akula  yang lebih dikenal sebagai Typhoon- Dmitriy Donskoy, yang digunakan sebagai kapal selam uji. Sementara itu, salah satu Delta III telah diubah menjadi kapal selam operasi khusus di bawah penunjukan BS-136 Orenburg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar