Kamis, 10 Maret 2016

Pesawat Angkut Misterius USAF


C-145A
Kerapkali Angkatan Udara AS menggunakan puluhan pesawat angkutan yang terlihat seperti pesawat Rusia dan beroperasi secara diam-diam dengan tidak memiliki tanda dan bergerak di terpencil? Ini semua tentang operasi klandestin, yang tidak dilakukan CIA atau DEA. Ini semua tentang AFSOC (Air Force Special Operations Command) yang bergerak misterius dengan pesawat misterius.
AFSOC menyediakan angkutan khusus, helikopter dan tempur untuk misi SOCOM (Special Operations Command) angkatan darat (Special Forces and rangers), navy (SEAL) dan Marinir
AFSOC juga mendukung pasukan pasukan khusus Angkatan Udara (combat weathermen, pararescue, air controllers).  Pasukan ini memiliki hampir 200 pesawat dan helikopter dengan 15.000 personel.

AFSOC, seperti SOCOM, lebih memilih untuk menyimpan profil rendah. Dan untuk alasan ini banyak pesawat angkutan milik AFSOC jarang terlihat karena mereka beroperasi di daerah terpencil, dan sering tanpa hokum  dari Afrika, Timur Tengah, Asia hingga Amerika Selatan. Beberapa dari angkutan terlihat seperti An-26 Rusia yang banyak digunakan oleh penyelundup setelah Uni Soviet bubar pada tahun 1991.
Versi AFSOC yang disebut C-145A sebenarnya An-28 Polandia yang dibangun di bawah lisensi di Polandia sejak 1980-an. Kurang dari 200 An-28 dibangun dengan harga masing-masing US$14 juta.
C-145A seberat 7,5 ton adalah pesawat transportasi dua mesin yang dapat membawa 16 penumpang, sepuluh pasukan terjun payung atau 2,2 ton kargo. Menggunakan desain Rusia, C-145A lebih familiar bagi banyak di tempat-tempat seperti Afrika dan Afghanistan, di mana pesawat Rusia telah lama digunakan. C-145A uga dikenal tangguh  dan sederhana untuk terbang serta pemeliharaan.
Tapi memiliki sebuah pesawat khusus seperti ini membutuhkan biaya logistik dan infrastruktur pemeliharaan lebih tinggi untuk tetap operasional. Sebagian besar angkutan AFSOC tetaplah model Barat seperti Do-328 (C-146A) dan PC-12 (U-28A.) Kebanyakan angkutan AFSOC dilengkapi untuk beroperasi di malam hari dan dalam cuaca apapun, serta pada ketinggian sangat rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar