Rabu, 17 Februari 2016

Bawa Uang Rp108 Triliun ke Rusia, Inilah Daftar Belanja Senjata Iran

su-30sm
Iran membawa dana sekitar US$8 miliar atau sekitar Rp108,8 triliun (dengan kurs Rp13.600)  untuk belanja senjata ke Rusia. Teheran akan membeli pesawat tempur Sukhoi Su-30SM, helikopter Mil Mi-8 dan Mil Mi-17 serta senjata lainnya.
“Teheran telah mengirimkan daftar perangkat keras militer yang ingin dibeli Angkatan Iran Bersenjata dari Moskow,” tulis harian Komersant Selasa 16 Februari 2016.
Selain jet tempur multirole Su-30SM, Teheran diperkirakan akan membeli pesawat latih dan serang ringan Yakovlev Yak-130, helikopter transportasi Mil Mi-8 dan Mil Mi-17, serta sistem rudal pertahanan K-300P Bastion-P. Selain itu Iran jua akan memboyong kapal frigat dan kapal selam diesel-listrik.

Mi-8AMT (varian ekspor Mi-171Sh)
Mi-8AMT (varian ekspor Mi-171Sh)
Kamis lalu, seorang sumber di Kementerian Pertahanan Iran menegaskan bahwa Iran tertarik mengakuisisi Su-30 untuk meng-upgrade armada mereka. Sumber itu tidak menentukan versi apa yang akan dibeli. Sehari sebelumnya, Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan, yang sedang melakukan kunjungan dua hari ke Moskow mengatakan Teheran ingin menutup kesepakatan lisensi produksi dengan Rusia.
Yak-130 
Yak-130
“Penambahan setiap varian Su-30 akan sangat meningkatkan kemampuan angkatan udara Iran, yang sebagian besar dilengkapi dengan pesawat campuran kuno dari Amerika-, Rusia  dan hardware yang dibangun China,” tulis ahli pertahanan Dave Majumdar di National Interest.
Teheran, menurut Kommersant, juga bisa meminta bantuan Moskow untuk memperbaiki armada MiG-29, Su-24MK dan kapal selam mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar