Senin, 29 Februari 2016

Rusia Hentikan Seluruh Pemboman di Suriah


rusia suriah
Rusia mengatakan mereka menghentikan seluruh sorti serangan udara di atas Suriah pada Sabtu sejalan dengan kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi oleh Rusia dan Amerika Serikat. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kesalahan bom.
Para militer Rusia dan Amerika juga bertukar peta Suriah, sementara pertempuran berhenti di 34 pemukiman Suriah.
“Angkatan udara Rusia sepenuhnya menghentikan pengeboman di zona hijau,” seorang wakil senior dari Staf Umum, Sergei Rudskoi, kepada wartawan. Zona hijau mengacu pada daerah dan kelompok-kelompok bersenjata yang menyatakan ikut kesepakatan gencatan senjata.

Dia menambahkan bahwa pada tanggal 27 Februari, serangan mendadak dari penerbangan Rusia di Suriah termasuk penerbangan jauh  tidak dilaksanakan”.
Ia mengatakan hal ini dilakukan untuk menghindari serangan salah sasaran dan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.
Sebuah kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi oleh Moskow dan Washington menyerukan penghentian permusuhan dari Sabtu waktu setempat antara pasukan Bashar al-Assad Rusia yang didukung dan kelompok oposisi. Kesepakatan itu tidak namun termasuk untuk dan Front Al-Nusra.
Rudskoi mengatakan 17 kelompok bersenjata – mereka yang berjuang bersama pasukan rezim atau mandiri  menghubungi pusat koordinasi gencatan senjata Rusia di pangkalan udara Hmeimim dan berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata.
Dia juga mengatakan bahwa dalam rangka gencatan senjata menghadapi Rusia dan AS juga bertukar peta Suriah.
Rudskoi mengatakan lebih dari 6.000 pejuang telah bergabung dengan kesepakatan gencatan senjata dan Rusia menyerahkan daftar mereka ke AS. Dia menambahkan bahwa Amerika juga menerima daftar 74 pemukiman dan daerah yang tidak boleh dibom.
“Selama konsultasi kami menerima peta serupa yang disiapkan oleh pihak Amerika,” kata Rudskoi.
“Kami telah membuat langkah pertama pada jalan menuju menghentikan pertempuran di tanah Suriah,” tambahnya sebagaimana dikutip Defense News Senin 29 Februari 2016.
Berbicara melalui hubungan video dari pangkalan udara Hmeimim, Sergei Kuralenko, kepala pusat koordinasi Rusia di Suriah, mengatakan pertempuran telah berhenti di 34 pemukiman Suriah. Selama dua hari terakhir, 2,5 ton persediaan makanan telah dikirim ke dua permukiman di provinsi Homs dan Latakia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar