Jumat, 12 Februari 2016

Jet Tempur IFX akan Setengah Siluman

kfx_2012_c200
Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengatakan jet tempur yang dibangun Indonesia dan Korea Selatan belum akan masuk ke kelas generasi kelima. Pesawat ini akan berada di level generasi 4++ dengan karakter setengah siluman.
Menurutnya secara desain pesawat ini sudah sesuai dengan sifat stealth. Tetapi secara materi belum.
“Pesawat ini merupakan generasi 4.5 dengan jenis semi-stealth. Kita menggunakan geometri stealth, kalau materialnya belakangan,” kata Budi sebagaimana dikutip Antara Kamis 11 Februari 2016.
Dalam perjanjian pembagian biaya yang disepakati kedua negara, Indonesia membiayai 20 persen dari total keseluruhan biaya eksperimen. Sementara Korea Selatan mendanai 80 persen sisanya. Namun Indonesia tetap mendapatkan 90 persen teknologi pembuatan tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Indonesia melalui PT Dirgantara Indonesia akan mulai memproduksi pesawat tempur Indonesian Fighter Xperiment (IFX) pada 2020 dan akan berlangsung hingga 20 tahun kedepan yakni 2040. Produksi pesawat tempur tersebut untuk memenuhi kebutuhan militer Indonesia sebanyak dua skuadron dan untuk penjualan ke negara lain.
Pengerjaan pembuatan pesawat tersebut juga melibatkan ilmuwan dan teknisi dari Indonesia dalam jumlah yang berbeda-beda di setiap unit. Budi mengatakan akan ada 300 orang Indonesia yang mempelajari pengerjaan pesawat tempur KF-X/IF-X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar