Rabu, 17 Februari 2016

Pesawat Tua Ini Dibangkitkan untuk Melatih Raptor

T-38 Talon
T-38 Talon
T-38 Talon
YM T-38 Talon adalah pesawat tua. Pertama kali terbang pada tahun 1959, produksi dihentikan pada tahun 1972 dan sudah dinyatakan pension oleh Amerika Serikat. Tetapi pesawat tua itu belum lama ini ditarik dari hanggar penyimpanannya di  Davis-Monthan Air Force Base untuk terbang lagi.
Tidak main-main, T-38 Talon terbang dengan tugas melatih pesawat super canggih, Siluman F-22 Raptor. Pesawat yang telah diperbaharui dengan sistem terbaru  telah dikerahkan untuk bergabung di skuadron dukungan di Holloman AFB, Tyndall AFB dan Langley AFB (Joint Base Langley -Eustis).
T-38 memberikan simulasi yang sangat baik dari sejumlah lawan pesawat non siluman  yang akan banyak ditemui Raptor di seluruh dunia. Kecil, relatif cepat, dan dicat hitam menjadikan pesawat sulit ditangkap mata saat terbang. Meskipun pelatihan utama adalah deteksi objek dan penembakan dengan rudal di luar jangkauan.

F-22 Raptor
F-22 Raptor
T-38  biasanya diterbangkan oleh pilot Raptor yang paling memenuhi syarat untuk menantang Raptor, dan mengeksploitasi setiap dan semua kerentanan serangan udara ke udara. Dalam latihan T-38 harus terbang cepat hanya di ketinggian 50 kaki untuk menembus area di bawah Raptor CAP (Combat Air Patrol). Dan menjadi tugas Raptor untuk mendeteksi pesawat itu. Jadi pelatihan ini benar-benar menguji kemampuan pilot jet siluman tersebut.
Dengan latihan seperti ini maka pilot F-22 akan selalu siap untuk sewaktu-waktu dipanggil bertempur di berbagai tempat di dunia

Sumber: The Aviationist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar