Jumat, 12 Februari 2016

Belarusia Beli Su-30SM, Terus Kenapa?

su-30 rusia
Belarusia telah menandatangani kesepakatan awal dengan perusahaan milik negara Irkut Rusia untuk membeli jet tempur Sukhoi Su-30SM bagi Angkatan Udara negara itu. Apa dampak paling signifikan dari penambahan kekuatan ini bagi Belarusia?
Su-30SM akan menggantikan Mikoyan MiG-29  yang sudah tua.
“Pesawat ini telah beroperasi selama sekitar 30 tahun dari rencana awal hanya akan digunakan untuk 20 tahun,” kata Wakil Menteri Pertahanan Mayor Jenderal Igor Lotakov sebagaimana dikutip Defense News Kamis 11 Januari 2016. Igor meyakini Su-30 akan meningkatkan kemampuan serangan udara mereka.
Hal yang paling mencolok dari kemampuan tersebut, menurut Wakil Menteri Pertahanan adalah dengan pesawat baru, Angkatan Udara akan bisa melaksanakan misi tempur dari setiap bandara militer di Belarusia.

Su-30SM merupakan jet tempur twin-engine, dua-kursi  yang dianggap sebagai jet tempur generasi 4 +. Pesawat ini bisa terbang dengan jarak terbang 3.000 kilometer. Kemampuan inilah yang akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Belarusia untuk melakukan operasi dan patroli udara.
Selain Su-30SM, Belarusia juga dalam rencana untuk mengakuisisi 12 helikopter transportasi Mil Mi-8 MTV-5 untuk menggantikan Mi-8 dan selanjutnya juga akan membeli jet latih Yakovlev Yak-130.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar