Kamis, 18 Februari 2016

Sepasang Typhoon Cegat 2 Blackjack Rusia

Typhoon Angkatan Udara Inggris
Typhoon Angkatan Udara Inggris

Dua pesawat jet tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris terpaksa diterbangkan untuk mencegat sepasang bomber Tupolev Tu-160 Blackjack Rusia yang terbang  di dekat wilayah udara Inggris Rabu 17 Februari 2016 waktu setempat.
Kementerian Pertahanan (MoD) Inggris, mengklaim dua pesawat bomber Rusia itu bermanuver menuju wilayah udara Inggris.  Kedua pesawat jet tempur Tyhpoon lantas mengawal sepasang pesawat bomber Tu-160 Blackjack menjauh dari wilayah udara Inggris.
Seorang juru bicara MoD, yang menolak diidentifikasi, membenarkan pertemuan empat pesawat militer di dekat wilayah udara Inggris. Kedua pesawat jet Thyphoon yang ditugaskan mengusir pesawat bomber Rusia dikirim dari markas RAF di Coningsby, Lincolnshire.
”Pada titik itu pesawat Rusia memasuki wilayah udara teritorial Inggris,” kata juru bicara  MoD itu, tanpa merinci detail lokasi pencegatan pesawat militer Rusia, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis 18 Februari 2016.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi laporan pencegatan pesawat bomber Moskow.
Pencegatan terhadap pesawat Rusia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Keusilan yang menjadi tradisi pada era Perang Dingin itu seperti muncul kembali. Hal ini menjadikan sejumlah negara merasa terancam oleh Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar